Kemendag Serahkan Sertifikasi SNI Pasar Rakyat 2020 ke 3 Pasar


 Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan sertifikasi SNI Pasar Rakyat 2020 ke tiga pasar. Ke-3 pasar itu diantaranya, Pasar Cipanas di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Pasar Atas Baru di Kota Cimahi Jawa Barat, dan Pasar Karangjati di Kabupaten Semarang Jawa tengah.

Pengertian Dan Trik Bermain Sabung Ayam

Berkenaan dengan hal tersebut, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menghargai pemda yang memberikan dukungan pengiringan pasar rakyat di daerahnya.


"Loyalitas dari pemda, pengurus dan pedagang pasar benar-benar dibutuhkan untuk jaga stabilitas kualitas pasar secara berkepanjangan. Hingga menjadi contoh untuk pasar dan lain untuk mengaplikasikan SNI pasar rakyat," kata Mendag pada acara Penyerahan Sertifikat SNI Pasar Rakyat, Senin (21/12/2020).


Dalam peluang yang serupa, Direktur Jenderal Pelindungan Customer dan Teratur Niaga Kementerian Perdagangan, Feri Anggriono Sutiarto mengutarakan, bersamaan dengan berkembanganya pusat belanja kekinian, karena itu dibutuhkan dasar supaya pasar rakyat bisa diatur secara semakin kompeten.


"Makin bertumbuhnya pusat belanja kekinian, dibutuhkan satu dasar supaya pasar rakyat bisa diatur secara semakin kompeten dan jadi fasilitas perdagangan yang bersaing pada pusat belanja, pertokoan, mall, plaza atau fasilitas perdagangan yang lain," katanya.


Karena itu, Direktorat standarisasi dan pengaturan kualitas Direktorat Jenderal pelindungan customer dan teratur Niaga Kementerian Perdagangan sebagai sekretariat komite tehnis layanan perdagangan sudah membuat SNI Nomor 8152:2015 untuk pasar rakyat.


"Dalam SNI pasar rakyat pada dasarnya memutuskan tiga syarat yang perlu dipunyai pasar Rakyat. Yakni syarat umum, syarat tehnis dan syarat pengendalian," sebutkan Feri.


Dalam syarat umum, pasar rakyat harus penuhi syarat kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan.


Syarat tehnis diantaranya mengendalikan mengenai zonesi, ruangan dagang, koridor pos ukur ulangi dan sidang tera. Tentang hal syarat pengendalian, yaitu berkaitan dengan manajemen pengendalian pasar secara profesional.


Beberapa jenis pasar perlu kamu ketahui sebab manfaatnya dalam gerakkan roda perekonimian. Peranannya tentu saja penting untuk warga dan negara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pasar ialah tempat orang berjual membeli. Tetapi pasar terkait dengan kegiatannya, bukan tempatnya.


Pada umumnya pasar dikenali untuk tempat lakukan aktivitas jual beli yang diadakan oleh satu organisasi atau sekelumpulan orang yang dengan maksud untuk cari keuntungan yang sehat. Karena itu perlu kenali beberapa jenis pasar.


Pasar adalah salah satunya sisi dari bermacam jenis mekanisme, proses, jalinan sosial dan infrastruktur yang terkait dengan penjual dan konsumen. Dalam mekanisme pasar ada aktivitas transaksi bisnis atau jual beli satu produk dan layanan.


Berikut Liputan6.com kumpulkan dari bermacam sumber, Minggu (13/12/2020) mengenai beberapa jenis pasar.


Ciri-Ciri Pasar


Saat sebelum mengenal beberapa jenis pasar, kamu tentu saja perlu pahami apa persyaratan pasar dan ciri-cirinya lebih dulu. Sama seperti yang sudah disebut awalnya, pasar sendiri diperuntukkan untuk aktivitas jual beli, bukan mengarah pada suatu tempat.


Bisa disebutkan pasar bila ada hubungan penjual dan konsumen. Hubungan di antara penjual dan konsumen seperti ada proses tawar-menawar, ada produk atau layanan dan ada persetujuan di antara kedua pihak yakni penjual dan konsumen adalah persyaratan pasar.


Pasar jadi tempat putaran uang negara oleh rakyat atau perusahaan yang lakukan transaksi bisnis jual beli. Dari performa dan peranan pasar itu, karena itu terbentuklah pembangunan harga, distribusi, promo, peresapan tenaga kerja dan ada tersedianya barang dan layanan.


Oleh karenanya, beberapa jenis pasar juga terdiri jadi banyak macam. Ini dapat dupengaruhi oleh bermacam factor yang ada pada pasar. Berikut beberapa jenis pasar yang penting kamu kenali.


Tipe-Jenis Pasar Berdasar Karakter dan Waktunya


Pasar harian. Beberapa jenis pasar berdasar karakter dan waktunya yang pertama ialah pasar harian. Sesuai namanya, di pasar ini tiap hari berlangsung aktivitas transaksi bisnis di antara penjual dan konsumen sampai mendapati harga yang disetujui. Pasar harian banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya seperti beberapa pasar tradisionil.


Pasar mingguan. Sesuai namanya, pasar mingguan cuman berlangsung sekali dalam 1 minggu. Beberapa jenis pasar ini dapat kamu jumpai seperti Sunday Morning di UGM, pasar kliwon, pasar Senin dan lain-lain.


Pasar tahunan. Beberapa jenis pasar berdasar waktunya ada juga yang diadakan sekali dalam setahun. Pasar itu disebutkan pasar tahunan. Contoh pasar tahunan seperti Pasar Raya Jakarta atau PRJ, pasar sekaten di Yogyakarta dan lain-lain. Pasar tahunan umumnya berlangsung di beberapa kota besar.


Pasar temporer. Pasar temporer ialah aktivitas transaksi bisnis di antara penjual dan konsumen yang berlangsung pada saat-saat spesifik saja. Beberapa jenis pasar temporer misalkan ialah bazar murah.


Tipe-Jenis Pasar Berdasar Bentuknya


Pasar riil. Beberapa jenis pasar berdasar bentuknya yang pertama ialah pasar riil. Pasar riil yang diartikan ialah di mana pasar berlangsung langsung transaksi bisnis tawar menawar atau aktivitas jual beli di antara dua sebelah pihak (penjual dan konsumen). Contoh pasar riil atau sering disebutkan pasar nyata ialah beberapa pasar tradisionil.


Pasar tidak riil (pasar abstrak). Disebutkan pasar abstrak sebab di antara penjual dan konsumen berjumpa langsung tetapi produk atau jasanya tidak terlihat. Contoh pasar abstrak ialah pasar modal, pasar uang, pasar barang berjangka, pasar valuta asing dan lain-lain.


Tipe-Jenis Pasar Berdasar Langkah Transaksi bisnisnya


Pasar tradisionil. Disaksikan dari langkah transaksi bisnisnya, pasar tradisionil memakai langkah transaksi bisnis di mana ada tawar-menawar harga langsung secara bertatap muka. Pasar tradisionil banyak diketemukan di Indonesia, baik di penjuru wilayah sampai di beberapa kota besar.


Pasar kekinian. Bila ada pasar tradisionil, tampil pasar kekinian. Pasar kekinian sedikit berlainan dengan pasar tradisionil. Di pasar kekinian, konsumen dan penjual tidak ada aktivitas tawar-menawar sebab harga yang dibanderol ialah harga cocok. Disamping itu, di pasar kekinian konsumen layani dirinya. Contoh pasar kekinian seperti mall, plaza, supermarket dan lain-lain.


Tipe-Jenis Pasar Berdasar Tipe Barang


Beberapa jenis pasar satu ini bisa disaksikan di mana pasar itu cuman jual satu tipe barang atau beberapa barang spesifik saja. Contoh pasar ini ibarat pasar ikan, pasar hewan, pasar buah, pasar loak dan sebagainya.


Tipe-Jenis Pasar Menurut Susunannya.


Pasar Kompetisi Prima. Pasar kompetisi prima adalah pasar yang ada beberapa penjual dan konsumen dan mereka sama-sama sudah mengenali kondisi pasar. Barang yang dijualbelikan semacam (homogen), penjual atau konsumen mempunyai info yang komplet mengenai pasar.


Disamping itu, harga dipastikan oleh pasar, seluruh factor produksi bebas masuk dan keluar pasar, dan tidak ada terlibat pemerintahan. Contoh pasar kompetisi prima seperti, pasar beberapa hasil pertanian.


Pasar Kompetisi Tidak Prima. Pasar ini kontradiksi dari pasar kompetisi prima yakni pasar yang terdiri dari sedikit penjual dan banyak konsumen. Pada pasar ini penjual bisa tentukan harga barang. Barang yang dijualbelikan macamnya heterogen (bermacam tipe barang).


Contoh dari pasar kompetisi tidak prima ialah, Pasar Monopoli, yakni pasar yang berlangsung jika semua penawaran pada tipe barang pada pasar terkuasai dengan seorang penjual atau beberapa penjual spesifik.


Seterusnya, Pasar Kompetisi Monopolistis, yakni pasar dengan beberapa penjual yang hasilkan barang yang lain corak. Pasar ini banyak ditemui pada bidang layanan dan perdagangan ketengan. Misalkan layanan salon, angkutan, toko obat/apotek, dan toko kelontong.


Paling akhir, ada Pasar Oligopoli, yakni pasar yang cuman terdiri dari beberapa penjual untuk satu barang spesifik. Hingga di antara penjual yang satu yang yang lain dapat mengubah harga. Misalnya perusahaan jual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.


Beberapa jenis Pasar Berdasar Ruangan Cakupan


Tipe pasar dapat diperbedakan berdasar ruangan cakupan kegiatannya. Misalkan pasar lokal, pasar wilayah, pasar nasional dan pasar internasional. Contoh tipe pasar berdasar ruangan cakupan kegiatannya seperti pasar tembakau di Bremen (Jerman), pasar karet di New York, pasar kelapa sawit di Indonesia dan ada banyak kembali.


Itu beberapa jenis pasar dengan bermacam macamnya yang penting kamu kenali. Kehadiran pasar berperanan penting untuk kehidupan warga. Pasar mempunyai peranan penting dalam aktivitas ekonomi warga dengan danya aktivitas distribusi barang atau layanan, pembangunan harga dan seringkali jadi tempat promo.


Konsentrasi edisi (20/12) mengusung beberapa topik salah satunya, Angin Kuat Hancur Bangunan, Tes Rapid Penumpang Stasiun Pasar Senen, Kulineran Surabi Yok Muh.


Postingan populer dari blog ini

However in spite of his contending design, Nimmo

This includes opposition from right-wing Conservative MPs who don’t think the plan goes far enough.

the biggest issue facing cryptocurrencies